Tuesday, April 2, 2013

STRATEGI BISNIS ACER SEBAGAI PRODUSEN LAPTOP

STRATEGI BISNIS ACER
Oleh : Maria Ulfa
Universitas Yudharta Pasuruan

  1. Sejarah Perusahaan Acer
          
          ACER Didirikan di Taiwan, Acer adalah produsen multinasional elektronik. Mereka juga kebetulan memiliki rantai komputer waralaba terbesar pribadi ritel yang ada di Taipei, Taiwan. Perusahaan ini awalnya bernama Multitech, dan didirikan pada tahun 1976 oleh Stan Shih, istrinya Carolyn Yeh, bersama dengan sekelompok lima pengembang lain. Pada tahun 1987 perusahaan ini dikenal sebagai Acer. Perusahaan mulai kecil, dengan hanya sebelas karyawan di modal kecil dolar $25.000. Mulai dari  Acer terutama konsultan utama untuk penggunaan teknologi mikroprosesor dan distributor berbagai macam komponen elektronik, tetapi mulai berkembang menjadi produsen komputer pribadi. Kantor pusat global dari Acer berlokasi di Taiwan di Kota Hsinchu. Pada tahun 2000, Acer memutuskan untuk spin off operasi manufaktur menjadi Perusahaan Winstron untuk memfokuskan diri pada bisnis branding.Angkatan kerja yang diperluas, dan Acer tumbuh menjadi perusahaan di seluruh dunia yang kemudian memutuskan untuk mendukung penjualan garis besar produk melalui penggunaan strategi pemasaran khusus yang terbaik memanfaatkan saluran distribusi yang tersedia. Pada tahun 2002, mereka disebut sebagai Acer Group panci, dan telah mempekerjakan hampir 40.000 orang yang memberikan dukungan kepada para distributor dan dealer di lebih dari 100 negara yang berbeda. Tahun itu, pendapatan mulai merangkak ke kisaran $12,9 miliar. Acer terus tumbuh besar dan lebih baik, dan pada tahun 2005, perusahaan mempekerjakan hampir 8000 orang di seluruh dunia semua tetap mempertahankan layanan global yang ketat dan jaringan penjualan. Perusahaan ini bukan tanpa masalah nya juga, dan sementara pasar saham di Eropa terus naik, pangsa pasar yang terdaftar di Amerika Utara telah merosot dalam beberapa tahun terakhir.

Produk termasuk Acer Aspire desktop yang seri, seri notebook termasuk pasangan perjalanan Acer, batu permata Acer, tablet PC, Acer Aspire, Acer aspire timeline, Acer Extensa, Acer Ferrari, aspire seri Netbook, seri PDA di S Palm Seri OS PDA, Acer n seri PDA, sistem navigasi otomotif termasuk Acer e300 teman perjalanan seri dengan DESTINATOR dan Navteq peta, dedicated server dan penyimpanan termasuk Acer seri alto, workstation termasuk Acer pica, menampilkan komputer, DLP proyektor, kamera digital, dan TV LCD. 
2. Strategi Bisnis Acer

          Acer merupakan produsen laptop yang merajai pasar selama tiga tahun berturut-turut dari 2005 sampai 2007. Di balik kesuksesannya tentulah Acer mempunyai strategi bisnis tertentu.
Acer melakukan upaya pemasaran dengan intensif. Di antaranya, promo-promo seperti “Tabrak Rejeki” dan “Gila-Gilaan” digelar pada tahun 2006. Acer memberikan hadiah uang tunai dan grand prize Toyota Camry untuk setiap pembelian produk Acer. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Allianz untuk program asuransi yang bernama "All Risk Protection Program."
Acer juga memasarkan produknya dengan iklan. Pilihan utama Acer adalah media cetak dan media luar ruang karena iklan TV dinilai kurang cocok bagi produknya. Acer mengerjakan materi promosi tersebut di Indonesia karena Acer percaya bahwa orang-orang lokal jauh lebih mengenal karakteristik pasar di negaranya.

            Faktor lain melejitnya Acer adalah konsep bisnis Channel Business Model yang membuat Acer sangat mendukung pemasoknya. Acer juga focus pada supply channel management serta riset dan pengembangan. Acer merespons dengan cepat saat intel meluncurkan produk baru dengan meluncurkan produk baru juga, karenanya Acer disebut refresh technology. Acer juga bisa membuat perkiraan produksi barang yang akan dilempar ke pasar berdasarkan pengalaman yang dimiliki. Biasanya saaat Acer meluncurkan produk baru, produk lama sudah habis diserap pasar. Selain itu, Acer juga memperhatikan desain selain unsur teknologi.

            Cara Acer untuk mengetahui kebutuhan dan keingingan konsumen adalah dengan cara riset. Mereka bahkan memasang slogan “Acer Understands” yang maksudnya Acer mengerti kebutuhan dan keinginan konsumen. Kunci sukses Acer yang lain adalah kecepatan dalam mengadopsi teknologi terkini yang bisa menancapkan image bahwa Acer adalah pionir dalam hal teknologi. Selain itu, Acer juga sangat gencar melakukan program komunikasi baik Above The Line (ATL) maupun Below The Line (BTL). Acer juga punya program yang lebih terarah dalam membelanjakan bujetnya. Dari segi harga Acer memberikan harga yang affordable bagi konsumen. Tidak murah, tetapi nilai yang didapat konsumen sangat tinggi jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, citranya akan cenderung rendah. Acer mengincar seluruh segmen dengan rentang harga yang luas dari Rp 5 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

            Kunci lainnya adalah kemampuan Acer dalam mengembangkan jaringan. Chanel pemasaran terus ditambah. Namun, distribusi dan penjualan produk diserahkan sepenuhnya dilakukan oleh mitra bisnisnya agar tidak terjadi conflict of interest. Acer berusaha menjaga hubungan harmonis dengan channel-channelnya karena trade memegang peranan yang sangat penting. Chanel dididik sangat radikal dengan imbalan yang cukup lumayan.

Daftar Pustaka :
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bina-usaha/53-pelayanan-konsumen/760-cara-acer-kuasai-pasar.html

1 comment: