Strategi
Bisnis Perusahaan Yamaha
Oleh :
Mutimatul Hasanah
Universitas
Yudharta Pasuruan
1.
Riwayat Berdirinya Perusahaan Yamaha
YAMAHA, nama
tersebut diambil dari nama pendiri pertamanya “Torakusu Yamaha”. Karena
kesukaannya pada musik, Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan Yamaha Corp pada
tahun 1887 dan dikenal sebagai pembuat Orgen pertama di jepang dengan logo
garpu tala. Menjelang Perang dunia ke 2, semua home industri dimanfaatkan untuk
memproduksi alat perang. Demikian juga dengan Torakusu Yamaha, beliau diminta
untuk memproduksi “Propeler” atau yang biasa disebut baling-baling pesawat tempur jepang. Pada 1
Juni 1955, berdirilah Yamaha Motor Corp, Perusahaan ini terpisah dari dari
Yamaha Corp, namun tetap dalam satu grup Yamaha. Sepeda motor ini diberi nama
YA1 alias Atakombo dalam bahasa kanji yang berarti Red Dragon Fly (Capung
merah). Nama ini diambil dari nama pesawat tempur Jepang. Pada tahun 1957
Yamaha Motor Corp memproduksi motor twin cylinder YDI yang sanggup mengeluarkan
power 20 bHP. Yamaha Motor Corp berkembang
cukup pesat, pada tahun 1959 Yamaha Motor Corp mengeluarkan motor sportz
pertamanya YDSI dengan 5 speed gearbox. Puncaknya pada tahun 1964, ekspor
Yamaha Motor Corp ke Amerika Serikat mencapai 87 ribu unit.
Pada Tahun 1970, jumlah type product yang
ditawarkan Yamaha mencapai 20 jenis, mulai dari 50cc sampai dengan 350cc. Kesuksesan
demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut, Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan
YZF-R1 (1000cc). Motor ini terkenal dengan designnya yang cantik, handling sip,
dan power yang luar biasa.
2.
Strategi bisnis Perusahaan Yamaha
Di balik hiruk pikuknya,
persaingan Honda dan Yamaha dalam rangka merebut pangsa pasar di bidang motor,
ternyata banyak strategi pemasaran (strategi bisnis) yang dilakukan perusahaan
Yamaha, adalah :
·
Strategi 1 : Berani mengambil risiko, untuk
kesempatan pertama.Strategi ini digunakan Yamaha, untuk menyalip
dominasi Honda di tikungan keragu-raguan Honda untuk me- release produk Motor
tipe skutik. Yamaha berani mengambil risiko, mengadu peruntungan dengan
‘mengambil peluang’ untuk meluncurkan skuter matic pertama di Indonesia: Yamaha
Mio, pada tahun 2004!.Yamaha tengah menikmati hasil peruntungannya,serta
dengan percaya diri memasang slogan “Yang lain Makin ketinggalan”.
·
Strategi 2 : Menciptakan proyek inovasi (Inovation
Project ).Yamaha menciptakan berbagai inovasi pada produknya
khususnya sepeda motor injeksi. Caranya adalah melahirkan produk yang lebih
stylist dengan beberapa modifikasi dari produk yang sudah ada seperti V-ixion
FI.
·
Strategi 3 : Menciptakan harga dan kualitas produk
yang bersaing (Kompetitif). Yamaha harus mampu menekan harga jual produk
sekaligus spare part nya agar lebih rendah dari pesaing lainnya. Atau dapat
juga memberikan produk dengan kualitas lebih tinggi dari pesaing lainnya dengan
harga yang masih bersaing.
·
Strategi 4 : Meningkatkan kualitas pelayanan
konsumen (Exellent Service ).Filosofi yang patut diusung oleh Yamaha adalah
pelayanan prima (exellent service ) bagi konsumen.
·
Strategi 5 : Rencana penggabungan dua anak
perusahaan yang menginduk pada PT. Yamaha.Yamaha Indonesia
merencanakan penggabungan dua anak perusahaan yang menginduk kepada Yamaha
Motor Company di Jepang. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT
Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjadi satu di bawah satu nama yaitu PT
YIMM.
Dan pada akhirnya
perjalanan Yamaha mencapai kunci keberhasilan ditinjau dari segi pelayanan yang
juga mendapatkan penghargaan berdasarkan hasil riset ISSI (Indonesian Service
Satisfaction Index) di 2011.
Referensi :
http://yogaberkarya.wordpress.com/2011/10/28/pt-telkom-indonesia-dalamprosesperencanaan-strategi/
Judul tidak ditempatkan pada kolom judul, tapi pada kolom isi, mohon dipindah.
ReplyDeletesemua artikel yang di posting teman2 mahasiswa mohon diberi label (pada kolom sebelah kanan ketika posting), kalo sudah terlanjur bisa diedit melalui dasbord klik menu post lalu edit. BERI LABEL "MANAJEMEN STRATEGIS"
ReplyDeleteSORI SY RALAT beri label "Manajemen Strategi"
ReplyDelete