Riwayat berdirinya perusahaan blackberry
Oleh: safir
universitas yudharta pasuruan
Tahukah kamu
sejarah awal berdirinya Blackberry, sejarah blackberry.
berawal dari
perusahaan kecil dengan modal hasil pinjaman, RIM berkembang menjadi perusahaan
yang paling di kagumi dan di hormati dai Kanada. Apakah Rahasianya? Apalagi
kalau bukan keuletan dan keinginan untuk terus berkembang.
Kisah sukses perusahaan dengan nama lengkap Research In Motion Ltd, berawal
dari keinginan seorang pemuda yang di drop out dari kampusnya untuk membuktikan
diri. Adalah seorang yunani bernama Mike Lazardis yang berimigrasi dari Turki
ke Kanada pada th 1967. Usianya yang ke 23 Lazardis mendapat kenyataan pahit
karena di keluarkan dari Universitas Waterloo, dimana dia mendalami teknik
elektro. Lazardis mendapat pinjaman modal usaha dari teman dan keluarganya.
Dengan modal tersebut, Lazarsis dan dua temannya mendirikan RIM di
Waterloo,Ontario Kanada th 1984. Kontrak kerja pertama RIM datang dari General
Motor Kanada untuk mengerjakan otomasi industri dan berahan dalam beberapa
tahun pertama dengan berpindah dari kontrak ke kontrak. RIM berhasil
mendapatkan pengahasilan $1 juta dan memiliki sekitar 12 orang karyawan. RIM
mulai tertarik pada perangkat digital nirkabel ketika menerima kontrak dari
Roger Cantel Mobile Comminications, operator pager dan telepon seluler th 1987.
Dalam
kontraknya, RIM bertugas mencari tahu potensi dari sistim jaringan digital
nirkabel baru yang di kenalkan Ericsson. Selanjutnya berhasil membuat modem
radio nirkabel berukuran mini. 1990, modem buatan ini banyak di pakai oleh
perusahaan OEM untuk berbagai produk dari komputer sampai mesin penjual
otomatis.
Pada tahun1991 RIM mengembangkan software untuk mendukung sistim e-mail
nirkabel. Dalam mengembangkan ini, RIM bekerja sama dengan dua perusahaan besar
seperti Ericsson, dan Anterior Technologi. Ericsson berhasil mengenalkan modem
radio portabel th 1992, Anterior Technologi bertugas menyediakan gateway untuk
sistim e-mail sementara RIM akan meyediakan aplikasi pemograman. Kerjasama tiga
pihak ini berhasil menciptakan sistim e-mail nirkabel dengan konektivitas tak
terputus.
Strategi bisnis
: Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan
kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar
sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep
inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk, nilai, biaya dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar.
Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa
sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya
pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehinggayang tinggal hanyalah
bagaimana membuat produknya tersedia.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggul
kompetitif yang berkelanjutan.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi strategi pemasaran adalah
(1) faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
(2) faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempatyang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan ( customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“totalCustomer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.
(1) faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
(2) faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempatyang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan ( customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“totalCustomer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.
http://www.berryindo.com/forum/topic/sejarah-blackberry
No comments:
Post a Comment